Cara Lengkap Optimasi SEO Blog di Blogger

Cara Optimasi Seo Blogger

Hai teman apa kabar? Saya harap semuanya baik-baik saja, pada hari ini saya akan menjelaskan dan membagikan berbagai cara optimasi seo blogger secara lengkap bagi pemula yang baru belajar didunia blogging.

Membahas tentang SEO memang sudah tidak asing lagi di telinga para blogger, namun tidak dengan pemula. SEO sangat penting untuk kita pelajari dan dioptimasi, sebab tanpa seo blog tidak akan bisa bersaing dan mendapat peringkat di google pencarian.

Lalu apa yang harus dilakukan? Sudah jelas kita harus optimasi segera SEO blog supaya bisa bersaing dengan website maupun blog lain. Dengan memaksimalkan SEO diblog maka akan berdampak positif yaitu mempermudah blog atau website ditemukan oleh orang lain di mesin pencari dan menempati posisi prioritas yaitu page one, tentu itu akan mendatangkan banyak pengunjung organik dari pencarian.

Namun tentu saja ini menjadi hal yang sangat sulit dilakukan bagi pemula, karena baru saja mengenal dunia blogging dan tidak tahu apa itu SEO? dan bagaimana cara optimasi/mengoptimalkannya? untuk itu simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari kata Search Engine Optimization yang apabila diartikan kedalam Bahasa Indonesia Pengoptimalan Mesin Pencari. SEO adalah sebuah proses menaikan peringkat prestasi sebuah website/blog bisa berupa artikel halaman maupun site itu sendiri, jika blog sudah mendapatkan tempat prioritas halaman pertama pencarian google tentu itu akan berdampak positif ke pencarian lain selain google, seperti Yandex, Yahoo, DuckDuckGo dan Bing.

Lalu bagaiman cara optimasi seonya? Langsung saja dibaca tutorialnya berikut ini.

Optimasi SEO Blogger

Berikut ini beberapa cara untuk memaksimalkan seo blogger yang bisa anda terapkan.

Tentukan topik/niche blog

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan target topik utama yang dipilih, ini penting karena jika fokus pada 1 pembahasan topik blog bisa menjadi prioritas pencarian sesuai niche yang dimaksud. Usahakan untuk pemula yang baru dalam hal optimasi seo ini membuat artikel jangan campur-campur topiknya.

Pemilihan Judul Artikel

Peran judul sangat penting sebab ini menjadi kunci target keyword yang di incar agar bisa menempati posisi page one artikelnya di pencarian google, umumnya penggunaan judul tidak disarankan terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek.

Keyword Target

Ketika hendak menulis artikel, lalu terapkan keyword diawal 100 kata awal artikel kemudian ada baiknya jangan terlalu ingin mengejar keyword yang potensi trafiknya besar.

Lakukan hal dari yang potensinya kecil, karena penting kita harus memahami prinsip cara kerjanya. Jika sudah disearch muncul di hasil pencarian dengan keyword yang ringan, barulah tentukan dan tingkatkan dengan menggunakan keyword yang persaingannya berat. Tidak perlu memaksakan, yang penting bisa muncul di hasil pencarian dulu, usahakan pakai keyword yang ringan tapi memiliki volume pencarian.

Artikel Yang Relevan

Buatlah artikel/konten yang berkualitas yang mempunyai manfaat bagi pengunjung, membuat sebuah artikel yang menarik dan bermanfaat itu akan mendatangkan banyak pengunjung. Pastikan saat membuat artikel sudah 100% unik terbebas dari Plagiat (duplikat artikel) dan jangan keluar dari topik/niche utama blog itu sendiri. Lalu buatlah link artikel antar halaman, sehingga setiap artikel dihalaman saling mempromosikan. Manfaat ini bisa membuat artikel lain banyak dibaca pengunjung.

Deskripsi Penelusuran

Fitur meta description ini sangat berguna untuk memaksimalkan keyword yang di incar dan merangkum inti isi artikel yang bisa membuat orang tertarik membaca artikelnya, input deskripsi setiap membuat artikel dan pastikan jumlah karakter tidak terlalu panjang maupun sebaliknya.

Kategori atau Label

Label berfungsi sebagai keyword yang akan mengkategorikan topik pembahasan sesuai isi artikel yang dibuat, untuk itu jangan lupa menambah label setiap membuat artikel.

Permalink atau Link custom

Fitur yang bisa disebut juga sebagai fitur custom permalink ini berguna sebagai penembak kata kunci panjang. Secara default permalink di blog hanya dibatasi sampai 6 kata saja.

Jika lebih dari 6 kata, maka permalink akan otomatis terpotong dan hanya menampilkan 6 kata awal dari judul artikel. Oleh sebab itu, jika anda menginginkan lebih dari 6 kata maka anda harus mengcustom nya.

Permalink artikel sangat penting dicustom sedemikian rupa sebab ini menjadi tujuan link dan breadcrumbs yang berfungsi sebagai pelengkap penjelasan inti artikel yang dimaksud, gunakan custom link usahakan tidak keluar dari topik.

Buat Thumbnail Artikel Menarik

Seperti yang kita ketahui mayoritas penduduk indonesia minat membaca sangat kurang sering kali lebih menyukai visual daripada verbal.

Oleh karena itu, penerapan SEO pada blog perlu memperhatikan aspek visual supaya konten blog semakin kompleks. Blogger tidak hanya berkutat menggunakan paragraf saja, akan tetapi menggunakan visual misalnya gambar, infografis, sampai video.

Supaya kita tidak lagi capek-capek menulis tanpa seseorang pun yg membaca, terdapat baiknya apabila menyelipkan 2 3 gambar pada setiap artikel diblog. Usahakan supaya kapasitas setiap gambar thumbnail tidak melebihi 100kb. Tujuannya supaya blogmu tidak terasa berat waktu dibuka.

Keyword Title Dan Alt Pada Gambar

Jika anda membuat artikel yang disertai dengan gambar maka anda sangat disarankan untuk menggunakan fitur meta tags keyword yang ada pada blog, yaitu fitur untuk menambahkan atribut "alt" dan "title" secara otomatis pada gambar di dalam postingan.

Ini berfungsi sebagai alternative keyword yang bisa anda manfaatkan disetiap gambar yang diunggah dengan menggunakan keyword yang di incar.

Backlink dan Internal Link

Internet sebenarnya seperti sarang laba-laba yang terhubung satu sama lain. Untuk memperkuat blog Anda di mesin pencari, Anda perlu mengetahui backlink dan tautan internal.

Backlink ditafsirkan sebagai tautan situs web antara blog Anda, sedangkan tautan internal adalah tautan blog posting Anda yang memasuki blog posting Anda yang lain.

Jika blog Anda mendapat backlink dari blog lain yang lebih populer di mata Google, itu juga secara otomatis meningkatkan kredibilitas blog Anda. Seolah-olah Anda mendapatkan rekomendasi ahli.

Implementasi tautan internal juga diperlukan untuk memperkuat jaring tautan internal Anda. Yang jelas, backlink dan tautan internal harus memiliki kesamaan (sinkron), seperti tautan Game dan Game. Bukan tautan Game dan kecantikan.

Kesimpulan

Terlepas dari semua cara optimasi seo blog diatas sebenarnya masih ada beberapa cara yang tidak saya sebutkan, itu anda bisa riset sendiri di google, yang jelas konten adalah raja jadi optimasi konten yang utama.

Itulah beberapa langkah untuk memaksimalkan SEO di blog anda, semoga bisa bermanfaat untuk memajukan blog anda sekian untuk artikel kali ini terima kasih.

Tentang penulis

Hai ! Saya adalah seorang konten kreator blog, dan saya suka menulis berbagai artikel menarik.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.