Cara Ampuh Untuk Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog

Bintangmoba.net - Setiap orang yang berkecimpung di dunia blogger pasti tidak ingin blognya mempunyai kecepatan loading yang sangat buruk dan lambat, dampak dari lambatnya laoding blog akan sangat berdampak ke pengunjung/visitor yang akan membuat mereka bosan dan tidak betah. Tidak hanya itu dampak lain akan membuat seo blog kita juga ikut menurun.

Perlu kamu ketahui juga, jika Pagespeed itu sangat berpengaruh terhadap kualitas blog kita, faktanya sudah sangat jelas dikatakan bahwa pagespeed adalah salah satu faktor penentu yang didiperhitungkan Google dalam menentukan peringkat blog kamu dimesin pencarian mereka.

Lalu apa saja faktor penyebab melambatnya Loading Blog dan Pagespeed Blog? Mari kita baca penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Melambatnya Blog

Hal umum yang sering menjadi penyebab melambatnya loading blog dikarenakan hal-hal berikut ini.

1. Template

Faktor pertama ini sangat sering menjadi penyebab lambatnya loading blog yaitu Template yang digunakan terlalu berat atau tidak SEO Friendly.

2. Widget Blog

Terlalu banyak memasang Widget juga dapat berpengaruh terhadap loading blog yang sangat lambat. Jadi sebaiknya kamu kurangi penggunaan widget yang tidak benar-benar dibutuhkan.

3. Script Pihak Ketiga

Menggunakan script pihak ketiga yang diakses melalui script pemanggil eksternal seperti css atau js yang diupload diluar template akan menambah dampak melambatnya pagespeed dan loading blog saat diakses.

4. Gambar Artikel

Thumbnail artikel juga sangat berperan penting dalam kecepatan loading blog, oleh karena itu sangat di sarankan untuk Compress/Kompresi gambar artikel yang akan digunakan untuk memperkecil ukuran gambar.

5. Tidak Menggunakan LazyLoad

Jika blog kamu sudah menggunakan iklan tentu ini juga menjadi faktor melambatnya kecepatan blog, jadi disarankan untuk menggunakan Lazyload iklan.

Google saja menyarankan agar kecepatan Website/Blog tidak lambat bisa memasang script LazyLoad, beberapa template tidak memasang script ini dan menjadi salah satu penyebab pagespeed melambat. Bagi kamu yang belum tahu apa itu Lazyload? Penjelasannya bisa cek di Google.

Terlepas dari semua penyebab diatas lalu bagaimana cara mengatasi Loading Blog, Blogspot atau blogger yang lambat? Langsung saja baca lebih lengkap tutorialnya dibawah ini.

Cara Meningkatkan Pagespeed Blogger

Ada beberapa cara untuk meningkatkan Pagespeed blog yang bisa kamu terapkan berikut ini.

1. Gunakan Template Blogger Fast Loading dan SEO Friendly

Hal pertama yang perlu kamu benahi yaitu mengganti template baru jika template sebelumnya sangat membebani loading blog, pilihlah template yang berkualitas Fast Loading dan SEO Friendly disarankan menggunakan Template Blogger Premium seperti Median UI atau VioMagz dan jangan gunakan template bajakan.

Jika kamu masih bingung ingin menggunakan template blogger mana yang bagus? Disini saya akan rekomendasikan Template Blogger Premium Fast Loading dan Seo Friendly yang bisa kamu gunakan di blogger berikut ini.

Template VioMagz

viomagz premium blogger template

Siapa sih yang tidak tahu Template VioMagz karya mas sugeng ini. Sejak diterbitkannya pada tahun 2018 template ini sempat viral dan dijuluki template sejuta umat sebab sangat banyak yang menggunakannya. Untuk kualitasnya jangan dipertanyakan lagi, karena template viomagz sangat cocok untuk kamu yang bingung mau menggunakan template blogger premium dan fast loading.

Untuk bisa memiliki template viomagz ini, kamu harus membelinya di situs resminya yaitu mas sugeng.id, info lebih lengkapnya langsung saja cek di situs mas sugeng.

Template LinkMagz

Template LinkMagz

Rekomendasi Template Fast Loading berikutnya yaitu LinkMagz template terbaru yang diterbitkan mas sugeng ini, di desain dengan sangat simpel tapi tetap Mobile Friendly dan Speednya lebih bagus dari VioMagz. Menurut saya, membuatnya menjadi salah satu rekomendasi template terbaik yang cocok digunakan bagi para blogger.

Untuk memilikinya tentu tidak gratis kamu juga bisa langsung membelinya di situs resmi mas sugeng.id.

Template Median UI

Template Median UI

Median UI menjadi salah satu template terbaik, sebab template Median UI ini di desain dengan konsep ux/ui yang menjadikannya memiliki ciri khas yang unik dan memandangnya saja membuat nyaman, dengan mengusung konsep UX / UI menjadi pembeda dari segi template blogger premium lainnya.

Jika tertarik menggunakan Template Median UI premium ini kamu bisa membelinya di situs resmi jagodesain.com.

2. Optimalisasi Gambar

Gambar yang akan digunakan untuk keperluan blog wajib dioptimalkan terlebih dahulu, karena hal ini akan meningkatkan kecepatan pagespeed blog secara signifikan sebab thumbnail pada artikel berperan penting terhadap pemuatan halaman pada blog.

Gunakan Format Gambar yang Tepat

Pada umumnya terdapat empat format gambar yang sering digunakan atau kompatibel dengan berbagai jenis browser yaitu JPEG/JPG, PNG, GIF dan WEBP, Setiap format mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Format JPEG dan WEBP merupakan format gambar yang direkomendasikan untuk digunakan gambar diblog, kelebihan format ini cocok untuk objek nyata dan alam. Kekurangannya jika objek gambar berupa desain vektor akan memiliki kualitas gambar terlihat ngeblur, objek seperti itu lebih cocok digunakan menggunakan format PNG.

Format PNG kurang direkomendasikan untuk gambar diblog sebab memiliki size yang besar dan ini akan menyebabkan melambatnya pagespeed blog, Kelebihan mengunakan format ini lebih terkesan HD apalagi untuk objek desain vektor dan graphic.

Format GIF merupakan format untuk gambar/foto bergerak namun format ini jarang digunakan diblog jadi tidak terlalu penting untuk dipakai.

Pilih Ukuran Gambar Sesuai Dimensi Blog

Dimensi Ukuran Gambar perlu diperhatikan untuk blog sebab dimensi gambar yang tidak sinkron sama tampilan blog itu akan berdampak terhadap kecepatan pemuatan blog itu sendiri tentu saja itu tidak baik.

Rekomendasi ukuran thumbnail blog bisa kamu sesuaikan dengan dimensi ukuran blog masing-masing, atau pada umumnya dimensi ukuran gambar yang baik yaitu :

Ukuran 600 X 400 pixel (lebar x panjang)
Ukuran 700 X 360 pixel (lebar x panjang)
Ukuran 1280 X 720 pixel (lebar x panjang)

Compress Gambar

Kompresi ukuran gambar sangat penting sebab ukuran size gambar sebelum dikompresi biasanya memiliki ukuran besar dan itu wajib dioptimalkan dengan cara menggunakan webtools Compress Image secara online.

Sebelumnya tidak perlu mengkhawatirkan soal kualitas gambar yang akan menurun atau terlihat buram karena cara kerja kompressi menggunakan algoritma khusus yang membuat ukuran gambar menjadi kecil tanpa mengurangi kualitas gambar itu sendiri, berikut rekomendasi situs penyedia layanan memperkecil ukuran gambar secara GRATIS!!

compressjpeg.com
iloveimg.com
kraken.io
compressjpg.net
tinyjpg.com

3. Kompressi CSS dan JavaScript

Tidak hanya gambar yang perlu dikompress, element yang terdapat diblog seperti HTML, CSS, JAVASCRIPT juga bisa dioptimalisasi dengan cara dikompress cara ini juga berdampak terhadap kecepatan loading blog.

Cara kerja kompressi sendiri mengunakan algoritma yang dapat menghapus karakter yang tidak berguna secara terukur tanpa mengubah fungsi script itu sendiri. Lalu caranya apakah manual? tentu tidak karena kita akan menggunakan webtools kompressi online yang menyediakan layanan memperkecil ukuran kode CSS dan JS ini secara otomatis.

Untuk template premiun biasanya sudah dioptimalkan kode js/css oleh sipembuat hanya saja tidak semua, dibeberapa template premium saya melihat kode CSSnya belum dikompressi jadi kamu bisa menyesuaikan kode yang mana perlu dioptimalkan lalu caranya bagaimana? Ikuti langkah ini.

Buka Dashboard blogger.com > Tekan menu Tema > Pilih Edit HTML > Temukan kode <style> atau <b:skin> dan Salin kode CSS dari tag pembuka sampai ke tag penutup.

Lalu buka salah satu situs webtools kompressi script berikut ini.

cssminifier.com
minifier.org
toptal.com
cleancss.org

Tempelkan script yang disalin baik itu CSS maupun JavaScript pada kolom yang sudah disediakan pada masing-masing situs diatas. Pillih juga format kode JS/CSS yang akan dikompressi selanjutnya tekan tombol Minify dan Salin kode tersebut pastekan ke template blog tempat awal kode CSS/JS tersebut.

4. Kurangi Penggunaan Widget/Gadget

Widget element yang terdapat pada blog biasanya terdapat widget Popular Post, Label, Featured, Gadget HTML, Widget Social Media dan Afiliasi.

Sebaiknya kurangi penggunaan Widget dengan cara menghapus widget yang menurut kamu tidak terlalu penting seperti penggunaan gadget social media, afiliasi, gadget html yang terlalu berlebihan sebaiknya dihapus saja bedakan mana yang penting dan mana yang bikin pusing.

5. Batasi Jumlah Iklan

Sudah menjadi fakta, bahwa iklan menjadi penghalang kecepatan blog, oleh karena itu sebaiknya segera kurangi jumlah iklan yang ditayangkan, logikanya begini.. semakin banyak iklan maka semakin lama juga blog untuk menjalankan script iklan, maka sebaiknya gunakan saja 1-5 iklan, itu sudah terbilang lebih dari cukup.

Bagi kamu yang menggunakan iklan dari Google AdSense bisa sedikit bernafas lega, karena solusinya selalu ada, kamu cukup dengan menggunakan Script LazyLoad Adsense khusus untuk iklan AdSense dengan menggunakan script ini bisa mempercepat blog kamu.

Untuk cara memasangnya juga sangat mudah, pertama Buka Dashboard blogger.com > Tekan menu Tema > Pilih Edit HTML> Temukan kode </body> jika sudah ketemu Salin kode LazyLoad AdSense dibawah ini lalu tempelkan tepat diatasnya.

<script type="text/javascript">//<![CDATA[
var adsenseLazyload = false; window.addEventListener("scroll", function(){ if ((document.documentElement.scrollTop != 0 && adsenseLazyload === false) || (document.body.scrollTop != 0 && adsenseLazyload === false)) { (function() { var ad = document.createElement('script'); var att = document.createAttribute('data-ad-client'); att.value = 'ca-pub-1234567894567895'; ad.setAttributeNode(att);  ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('head')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })(); adsenseLazyload = true; } }, true)
//]]></script>

Ganti kode ca-pub-1234567894567895 yang ada di script dengan kode penayang iklan google adsense kamu, jika sudah diganti klik Simpan Tema selesai.

Kesimpulan

Terlepas dari semua cara diatas tidak semua kasus sama, jadi sesuaikan saja mana yang perlu dibenahi yang menjadi faktor penyebab utama lambatnya loading blog kamu.

Demikianlah untuk artikel ini semoga menjawab kesulitan kamu dalam mengatasi lambatnya loading blog diblogger, Terima kasih.

Tentang penulis

Hai ! Saya adalah seorang konten kreator blog, dan saya suka menulis berbagai artikel menarik.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.